Strategi Pelatihan yang Menghasilkan Pemimpin Berkualitas

Strategi Pelatihan yang Menghasilkan Pemimpin Berkualitas

Mengukir Jalan Menuju Kepemimpinan Sukses: Strategi Pelatihan yang Menghasilkan Pemimpin Berkualitas

Strategi Pelatihan yang Menghasilkan Pemimpin Berkualitas – Setiap pemimpin tentu mengharapkan kepemimpinan yang sukses. Ia menyadari bahwa perannya sangat penting bagi kemajuan dan perkembangan perusahaan. Jika ia sukses memimpin timnya, maka setiap tugas dapat diselesaikan dengan baik. Ia pun tak ragu menentukan sikap dan tindakan ketika menghadapi tantangan dalam perusahaan. Lalu, seperti apakah kepemimpinan yang disebut sukses?

Indikator kepemimpinan yang sukses

Kepemimpinan adalah sebuah kemampuan pada diri seseorang yang digunakan saat memimpin seseorang atau sekelompok orang. Sebagai pemimpin, ia harus bisa mempengaruhi, meyakinkan dan memandu anggota timnya untuk mengerjakan semua tugas dalam bidang pekerjaan atau organisasi guna mencapai tujuan-tujuan yang telah ditentukan.

Tugas seorang pemimpin tidaklah mudah, sebab ia harus memastikan bahwa orang-orang yang bekerja di bawah kepemimpinannya tetap berada di jalur yang sama. Ia pun harus merefleksikan kemampuannya dalam memimpin melalui sikap dan perilaku sehari-hari. Hal ini agar para anggota tim bisa memiliki kepercayaan padanya dan mau mengikuti instruksi yang diberikan demi tercapainya tujuan bersama.

Baca juga : Leadership Training

Makna kata sukses sendiri bisa beragam. Dalam kepemimpinan, kesuksesan umumnya dinilai dari seberapa besar keuntungan yang diperoleh perusahaan bila dibandingkan dengan periode sebelumnya. Namun, penilaian ini tidak dapat mewakili keberhasilannya dalam memimpin tim secara keseluruhan. Justru ada beberapa indikator yang perlu diperhatikan, yaitu:

1. Mampu berkomunikasi dan mendengarkan

Setiap anggota tim kerja tentu memiliki ide dan gagasan berdasarkan keahlian dan pengalaman masing-masing. Seorang pemimpin yang baik, tidak hanya mampu mengkomunikasikan ide dan gagasannya sendiri, tetapi juga bersedia mendengarkan serta mempertimbangkan ide dan gagasan dari anggota timnya.

2. Mampu memotivasi

Pemimpin yang hebat, menurut Forbes, adalah ia yang dapat memberikan motivasi anggota timnya agar mereka dapat memaksimalkan kemampuan yang dimiliki. Dengan begitu, setiap tugas dapat dikerjakan dan diselesaikan dengan baik. Pemimpin juga harus sadar bahwa setiap pencapaian merupakan hasil kerja sama tim. Oleh karena itu, pemberian penghargaan sebaiknya dilakukan kepada semua anggota.

3. Mampu menganalisa dan mengambil keputusan

Pengambilan keputusan ada di tangan pemimpin. Maka, ia harus mampu menganalisa segala aspek terkait, juga mempertimbangkan strategi alternatif saat akan membuat keputusan. Kemampuan ini umumnya menjadi yang pertama untuk dievaluasi, terlebih jika ternyata tindakan yang diambil justru menimbulkan kerugian baik bagi tim maupun perusahaan.

4. Mampu menciptakan lingkungan kerja yang sehat

Setiap orang membutuhkan suasana kerja yang sehat agar dapat mengoptimalkan kinerjanya. Seorang pemimpin dapat menggunakan otoritasnya untuk menyuruh, menegur atau memberi saran kepada anggota tim. Namun, harus dipastikan bahwa penyampaiannya efektif dan tepat serta bertujuan agar setiap pekerjaan dapat terselesaikan dengan baik. Selain itu, ia juga harus mampu menangani segala konflik yang terjadi. Misalnya perbedaan pendapat atau bahkan persaingan antara anggota tim.

5. Mampu mendelegasikan tugas

Pimpinan wajib mengenal bawahannya, terutama dari segi keahlian, keinginan, keterampilan dan wawasan. Hal ini dimaksudkan agar semua tugas dapat didelegasikan kepada orang yang tepat.

6. Bertanggungjawab

Seorang pemimpin wajib memiliki sikap bertanggungjawab, baik atas dirinya sendiri maupun anggota tim. Ia harus dapat memastikan pekerjaan selesai tepat waktu. Jika terjadi kegagalan, maka pemimpin harus siap pasang badan untuk menanggung segala resiko dan menanggung akibatnya. Selain itu, yang tidak boleh diabaikan adalah memberi contoh bagaimana bersikap tangungjawab itu sendiri kepada anggotanya. Misalnya dengan tidak datang terlambat dan menyelesaikan tugas tepat waktu.

5 jenis strategi pelatihan untuk menjadi pemimpin berkualitas

Setelah melihat beberapa indikator kesuksesan dalam kepemimpinan, dapat disimpulkan bahwa menjadi seorang pemimpin adalah tugas yang cukup berat. Terlebih lagi, ia dituntut untuk dapat terus bekerja secara efektif dan memberikan kontribusi terbaik demi perkembangan perusahaan tanpa mengenyampingkan hak dan kewajiban setiap anggota timnya.

Baca juga : Bagaimana Melatih Kemampuan Leadership dan Manajerial

Untuk itu, dibutuhkan kesertaan dalam program pelatihan kepemimpinan. Tujuannya agar kemampuan yang dimiliki terus meningkat dan relevan dengan situasi bisnis yang dinamis.

Strategi pelatihan kepemimpinan ada beberapa jenis dimana masing-masing memiliki manfaat yang berbeda, yaitu:

1. Menghadiri konferensi

Menghadiri suatu konferensi dapat menjadi media pengembangan interpersonal skills. Di forum tersebut, peserta tidak hanya memperoleh pelatihan tentang interpersonal atau topik kepemimpinan yang lain, tetapi juga belajar bagaimana bersosialisasi dan mengembangkan kemampuan tersebut.

2. Strategic exposure

Strategic exposure merupakan upaya mengekspos diri maupun perusahaan di sebuah forum seperti pertemuan, workshop dan menjadi pembicara di universitas. Pelatihan ini tidak hanya bermanfaat bagi audiens tetapi juga memberi kesempatan pemimpin atau calon pemimpin untuk mengasah skill kepemimpinannya.

3. Coaching dan mentorship

Jenis pelatihan ini biasa diadakan di dalam perusahaan, dimana para pemimpin baru akan dibimbing oleh pemimpin-pemimpin senior atau yang ditunjuk oleh perusahaan (micro-mentors). Programnya juga dilaksanakan dengan waktu dan objek yang spesifik.

4. E-learning interaktif

Jenis pelatihan ini menggunakan beragam media e-learning seperti video, quiz dan konten-konten sejenis. Di dalamnya, peserta dapat mengasah kemampuan soft skill dan hard skill yang sesuai dengan bidang pekerjaannya.

5. Berkolaborasi dengan komunitas

Menjalin kerjasama dengan komunitas seperti organisasi lokal merupakan strategi efektif yang membuat pemimpin lebih membumi dan mengenali target pasarnya. Kemampuannya menjalin relasi serta mengambil keputusan dengan cepat dan tepat dapat lebih terasah karena terlibat langsung dalam berbagai kegiatan dalam komunitas tersebut.

Nah, apakah saat ini kamu baru saja menerima amanat untuk memimpin suatu tim kerja di perusahaan? Masih kurang yakin dengan kemampuanmu dalam hal kepemimpinan? Sebagian orang mungkin terlihat memiliki kriteria pemimpin yang baik secara alami. Namun bukan berarti kemampuan tersebut tidak bisa dilatih dan dipelajari. Segera hubungi tim kami di 081219808544 dan dapatkan informasi mengenai strategi pelatihan efektif untuk menuju kepemimpinan yang sukses.

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *